Portal Berita dari portalmetrotv berisi kumpulan berita online terbaik di indonesia
Berita  

Chief Regent of Cilacap Mentions that Physical Realization of APBD 2024 is Still Below Target

Chief Regent of Cilacap Mentions that Physical Realization of APBD 2024 is Still Below Target
Berita
Pj Bupati Cilacap Sebut Realisasi Fisik APBD 2024 Masih Dibawah Target

Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto saat memimpin Rakor POK APBD Kabupaten Cilacap Triwulan III T.A 2024 di pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Selasa (15/10/2024). (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto menyebut capaian progres fisik pelaksanaan kegiatan APBD Kabupaten Cilacap masih dibawah target yang diharapkan.

“Hingga September 2024, tercatat 77,82 persen, masih 4,51 persen di bawah target yang ditetapkan sebesar 82,33 persen,” ungkapnya saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakor POK) APBD Kabupaten Cilacap Triwulan III T.A 2024 di pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Selasa (15/10/2024).

Oleh sebab itu, Arief menekankan kepada seluruh Kepala OPD/Unit Kerja untuk mengoptimalkan waktu pelaksanaan kegiatan APBD, mengingat sudah memasuki Triwulan III Tahun Anggaran 2024.

Ia juga meminta untuk memastikan tidak ada penumpukan kegiatan dan pencairan anggaran di akhir tahun. “Kita perlu mencegah terjadinya penumpukan pekerjaan di akhir tahun agar kinerja bisa lebih optimal dan laporan pertanggungjawaban dapat diselesaikan tepat waktu,” ujar Arief.

Selain itu, seluruh Kepala OPD/Unit Kerja diminta untuk menyediakan waktu yang cukup untuk menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban dan mempersiapkan Audit BPK-RI atas LKPD Tahun Anggaran 2024, serta menjaga Opini WTP.

Sementara Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Jarot Prasojo menginginkan pelaksanaan kegiatan APBD diharapkan bisa mencapai atau bahkan melampaui target yang telah ditetapkan.

“Kami berharap kepada seluruh OPD agar melaksanakan kegiatan minimal sesuai target yang telah ditetapkan, bahkan lebih tinggi,” ujarnya.

“Solusi terbaik harus diambil untuk setiap permasalahan yang dihadapi agar kegiatan dapat berjalan lancar dan sesuai rencana,” imbuh Jarot.

Kendati capaian progres fisik pelaksanaan kegiatan APBD Kabupaten Cilacap masih di bawah target, namun Realisasi penyerapan belanja APBD mengalami peningkatan. Yakni menunjukkan SP2D yang telah mencapai 66,65 persen dan SPJ sebesar 66,62 persen. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih