Portal Berita dari portalmetrotv berisi kumpulan berita online terbaik di indonesia

Cyrus Margono Kembali Dapatkan WNI, Hamdan Hamedan: Ini Terobosan Baru di Bidang Hukum tentang Anak Kewarganegaan Ganda

Cyrus Margono Kembali Dapatkan WNI, Hamdan Hamedan: Ini Terobosan Baru di Bidang Hukum tentang Anak Kewarganegaan Ganda

Kabar gembira bagi para penggemar Timnas Indonesia, Cyrus Margono telah resmi memperoleh status sebagai warga negara Indonesia (WNI) setelah mengucapkan sumpah setia sebagai WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada hari Kamis (21/3/2023) pagi WIB.

Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut kini secara resmi menjadi WNI. Bahkan, Cyrus sudah memiliki KTP sehingga hanya perlu mengurus dokumen paspor. Dengan demikian, Cyrus dapat menjadi tambahan opsi bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Young untuk memperkuat tim di bawah mistar Tim Merah Putih.

Cyrus lahir di Mount Kisco, Amerika Serikat, pada tanggal 9 November 2001. Ia memiliki darah Indonesia dari ayahnya, Johan Margono, sementara ibunya berasal dari Iran. Cyrus juga diketahui beragama Islam karena mengucapkan sumpah dengan Al-Quran.

Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan yang hadir dalam acara sumpah setia WNI Cyrus, menjelaskan kepada media bahwa proses mendapatkan kewarganegaraan untuk pemain berusia 22 tahun ini terkait dengan status ganda kewarganegaraan yang harus dipilih saat usianya mencapai 21 tahun.

Berdasarkan PP No. 21 Tahun 2022, seorang anak yang memiliki darah Indonesia dan negara lain harus memilih kewarganegaraannya saat usia maksimal 21 tahun. Namun, Cyrus dapat mendapatkan kembali status kewarganegaraan Indonesia-nya karena adanya PP No. 21 Pasal 3A dan PERMENKUMHAM No. 13 tahun 2023.

Hamdan menjelaskan bahwa ini bukan proses naturalisasi melainkan proses penyesuaian status kewarganegaraan yang unik dalam kasus Cyrus. Cyrus menjadi Kasus Pertama dalam Sejarah bagi anak dengan kewarganegaraan ganda terbatas yang lahir di luar negeri dan berhasil mendapatkan kembali kewarganegaraannya.

Cyrus adalah salah satu dari sekian banyak nama yang terdaftar dalam database Talenta Diaspora yang dikelola oleh Hamdan. Sebagaimana diwawancarai oleh Kompas, Hamdan telah mengumpulkan hampir 400 data SDM Diaspora.

Sumber: https://rejabar.republika.co.id/berita/saokm7512/perlindungan-data-di-era-digital-dinilai-sangat-penting

Source link