Portal Berita dari portalmetrotv berisi kumpulan berita online terbaik di indonesia
Berita  

Cilacap Kuliner Expo 2024: Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Memperkenalkan Produknya

Cilacap Kuliner Expo 2024: Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Memperkenalkan Produknya
Berita

Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto saat mencoba salah satu kuliner khas Cilacap di salah satu stand UMKM usai membuka kegiatan. (Foto: Galih/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, CILACAP – Ratusan stand UMKM tampak memenuhi area Lapangan Krida Nusantara yang berlokasi di Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Selasa (24/9/2024).

Dalam masing-masing stand tersebut, para pelaku UMKM menjajakan aneka macam khuliner, termasuk kuliner khas Cilacap seperti mendoan, brekecek patak jahan dan lain-lain.

Pantauan di lapangan, Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto di siang hari bersama rombongan terdiri dari unsur Forkopimda Cilacap, Pj Sekretaris Daerah Jarot Prasojo, Kepala OPD, Camat dan lainnya tampak mendatangi lokasi.

Rupanya kedatangan Pj Bupati ini untuk membuka kegiatan Cilacap Kuliner Expo 2024 dan Festival Pelayanan Publik. Tampak hadir Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI pada pembukaan tersebut.

Adapun kegiatan digelar Pemkab Cilacap melalui DPKUKM setempat, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Lebih lanjut, kegiatan berlangsung selama lima hari, dimulai tanggal 24 hingga 28 September 2024, diikuti 115 peserta yang terdiri dari UMKM Kecamatan, UMKM binaan OPD, BUMD, swasta, dan UKM mandiri.

“Kegiatan ini bertujuan mengenalkan dan mempromosikan produk UMKM, terutama kuliner, serta mendorong penguatan dan kemandirian produk UMKM di Cilacap,” ungkap Kepala DPKUKM Kabupaten Cilacap Umar Said.

Melalui event tersebut, diharapkan produk kuliner Cilacap akan lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat, baik lokal maupun luar daerah.

Selain itu, memberikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk mereka dan mempertemukan produk-produk UMKM dengan konsumen, investor, serta mitra bisnis potensial lainnya.

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap M. Arief Irwanto berharap agar kegiatan ini dapat berperan dalam mendukung terwujudnya iklim usaha yang mampu menopang perekonomian secara luas, baik di daerah maupun nasional.

“Disamping itu, juga menggeliatkan kembali kecintaan masyarakat, khususnya terhadap makanan khas Cilacap,” kata Arief.

“Nanti kami akan mengembangkan tempat kuliner terpadu supaya UMKM berkembang dan kami juga mendorong perhotelan yang ada di Cilacap agar selalu menyajikan makanan khas Cilacap, seperti brekecek patak jahan maupun yang lainnya,” lanjutnya.

Pelaksanaan Cilacap Kuliner Expo 2024 dsn Festival Pelayanan Publik tersebut juga akan dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menampilkan aksi seni dari berbagai kalangan di Kabupaten Cilacap, baik dari masyarakat umum maupun siswa sekolah.

Untuk masyarakat Cilacap dan sekitarnya dapat mengunjungi berbagai stan kuliner mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Exit mobile version