Portal Berita dari portalmetrotv berisi kumpulan berita online terbaik di indonesia

Pakar dan Masyarakat Menilai Kepemimpinan Prabowo Subianto akan Membuat Indonesia Lebih Berpengaruh di Tingkat Internasional

Pakar dan Masyarakat Menilai Kepemimpinan Prabowo Subianto akan Membuat Indonesia Lebih Berpengaruh di Tingkat Internasional

Jakarta — Presiden terpilih RI untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, dianggap akan membawa pengaruh yang besar bagi Indonesia di dunia internasional saat memimpin negara ini. Hal ini dipaparkan secara detail oleh media Singapura, The Straits Times, dalam artikel berjudul “Prabowo memiliki rencana besar untuk Indonesia di dunia internasional” yang diterbitkan pada Sabtu (21/9).

“Tanpa disadari, Indonesia juga telah memilih de facto menteri luar negeri yang baru. Dalam tujuh bulan sejak memenangkan sekitar 59 persen suara dari sekitar 200 juta pemilih, Prabowo telah mengunjungi lebih dari 10 negara, termasuk Singapura, China, Jepang, Rusia, dan Australia,” tulis The Straits Times seperti dilansir pada hari Sabtu.

Meskipun belakangan ini Prabowo melakukan kunjungan ke luar negeri sebagai Menteri Pertahanan, namun ia juga dikenal sebagai Presiden masa depan Indonesia.

Warga Negara Indonesia yang diwawancarai oleh The Straits Times menyatakan antusiasmenya terhadap masa pemerintahan Prabowo karena dianggap memiliki “fokus yang tepat” dalam memperkuat peran Indonesia di dunia.

“Dengan menjadi proaktif di dunia internasional, diharapkan bahwa Prabowo dapat memudahkan komunikasi Indonesia dengan negara lain serta berperan sebagai mediator dalam menyelesaikan konflik yang dibutuhkan,” demikian dilansir dari The Straits Times.

Para ahli dan masyarakat juga menilai bahwa Prabowo akan memberikan fokus yang besar pada kebijakan luar negeri demi meningkatkan posisi Indonesia di dunia.

“Para ahli dan masyarakat Indonesia menilai bahwa ketika ia dilantik pada tanggal 20 Oktober, pria berusia 72 tahun ini akan menjadi presiden yang fokus kuat pada kebijakan luar negeri untuk meningkatkan posisi global Indonesia,” demikian The Straits Times menambahkan.

Selain melakukan pertemuan diplomatik dengan pemimpin negara lain, Prabowo juga aktif dalam hal-hal yang bersifat global.

The Straits Times mencatat bahwa Prabowo pernah memberikan kritik kepada negara-negara Barat terkait konflik antara Israel dan Palestina. Ia juga hadir dan berbicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi di Gaza pada 11 Juni 2024.

“Sikapnya terhadap Gaza tetap teguh, dan pada bulan Juni, Prabowo menjadi pusat perhatian karena hadir dalam konferensi kemanusiaan tingkat tinggi di Gaza,” kata The Straits Times.

Prabowo juga turut mengadvokasi bantuan untuk Palestina yang terdampak konflik dengan menyatakan kesiapan Indonesia untuk mengevakuasi 1.000 pasien dari Gaza ke Indonesia dan menawarkan program pendidikan bagi anak-anak Palestina di pesantren di Jawa Timur.

Julia Lau, senior fellow di ISEAS – Yusof Ishak Institute di Singapura, menilai bahwa Prabowo akan membuat Indonesia berperan lebih aktif dalam kebijakan luar negeri.

“Prabowo masih memerlukan Kementerian Luar Negeri yang kompeten, namun ia akan memiliki dampak besar pada arah kebijakan luar negeri Indonesia di masa depan,” ujar Lau.

Meskipun demikian, artikel itu juga mencatat bahwa masyarakat tetap mengharapkan Prabowo untuk memenuhi janji-janji politiknya selama kampanye dan membuktikan kepada para kritikusnya bahwa ia tidak hanya mengumbar janji semata tapi juga melakukan tindakan nyata. (RR)

Sumber: straitstimes.com

Source link

Exit mobile version