Portal Berita dari portalmetrotv berisi kumpulan berita online terbaik di indonesia
Berita  

Pemkab Cilacap Optimalkan Produksi Bawang Merah untuk Memenuhi Kebutuhan

Pemkab Cilacap Optimalkan Produksi Bawang Merah untuk Memenuhi Kebutuhan

Pj Bupati Cilacap Mohamad Arief Irwanto bersama Dinas Pertanian melakukan panen bawang merah di Desa Karanganyar, Kecamatan Adipala. Masyarakat petani di desa tersebut membudidayakan Bawang Merah True Shallot Seed (TSS) yang merupakan inovasi Balitbangtan BPTP Sumut. Pemkab Cilacap akan meningkatkan produksi bawang merah TSS dengan mengembangkan bibit TSS di beberapa tempat, seperti di Adipala, Maos, Kroya, Majenang, Cipari, Wanareja, dan Cimanggu.

Budidaya bawang merah TSS di Adipala sudah berlangsung selama 3 tahun terakhir. Keunggulan TSS antara lain biaya produksi lebih murah, tahan terhadap hama penyakit, dan benih selalu tersedia. Pj. Bupati Cilacap, Mohamad Arief Irwanto, mengapresiasi hasil panen petani yang didukung oleh berbagai pihak. Produksi bawang merah di Cilacap pada tahun 2022 mencapai 4.582,60 kuintal dari 50,20 hektar lahan, dan meningkat menjadi 9.511,20 kuintal dengan luas panen 113,53 hektar pada tahun 2023.

Untuk memenuhi kebutuhan bawang merah di Cilacap, Pemkab Cilacap berupaya meningkatkan produksi dengan mengembangkan bibit bawang merah jenis TSS. Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan bawang merah di Kabupaten Cilacap.

Exit mobile version